Ujian Akhir
Kompetensi Dasar Pendidikan
Jarak Jauh (PJJ)
Peserta : Mahasiswa D3
AMIK
Tanggal : 3 Desember 2013
Pukul : 10.00 – 11.00 WIB
___________________________________________________________________________
Pedoman Pengerjaan Soal
1. Ujian dapat dilaksanakan di tempat masing masing dari
Mahasiswa.
2. Soal ujian disampaikan via Online (EDMODO)
3. Ujian: OPEN Book
dan Internet, dengan aturan sbb:
a. Jawaban yang diambil dari modul KDPJJ tidak boleh “COPY” & “PASTE” (jawaban menggunakan KALIMAT SENDIRI berdasarkan pemahaman
sendiri).
b. Jawaban dari Internet boleh copy paste (sebagai referensi)
dan wajib dicantumkan sumbernya. Batasan penggunaan copy paste pada sebagian
uraian saja, sisanya dengan bahasa dan pemahaman sendiri.
4. Jawaban soal dikerjakan di EDMODO (dengan cara meng-click pada “turned-in”). Sama dengan
saat mengerjakan tugas topik.
5. Jawaban diketik dalam MS
Office Word
6. Jawaban dikirimkan dalam bentuk File Lampiran
7. Waktu pengerjaan soal adalah 60 menit
9. Pada bagian atas jawaban soal dituliskan: Nama
10. Pada pengiriman email hasil jawaban, pada bagian subject
email tuliskan: Nama dan Ujian Akhir
11. Dari jawaban yang dikirim email (pjjseamolec@gmail.com),
akan ada KONFIRMASI email dari Dosen
Pengampu bahwa jawaban soal sudah diterima.
12. Bagi yang tidak dapat mengikuti ujian online, diharapkan
menginformasikan melalui email ke tpardede@seamolec.org
Terima kasih.
Salam, timbul
Good Luck
Lembar soal à
Nama: HERI
HERYADI
Ujian Akhir KDPJJ
___________________________________________________________________________
Soal No.1
(Materi Topik-1)
Pada Topik 1-B
dijelaskan 6 teori PJJ oleh para ahli.
Jelaskanlah salah
satu teori diantaranya.
Teori yang saya ambil menurut
Dohmen,1967 yaitu Suatu bentuk pembelajaran mandiri yang terorganisasi secara
sistematis, dimana
konseling, penyajian materi
pembelajaran, dan penyeliaan serta pemantauan
keberhasilan siswa dilakukan oleh
sekelompok tenaga dosen yang memiliki tanggung
jawab yang saling berbeda.
Pembelajaran dilaksanakan secara jarak jauh dengan
menggunakan bantuan media.
Setelah nmemahami pemaparan satu teori
diatas mengenai penjelasan teori PJJ, dapat saya simpulkan sistem pembelajaran
PJJ itu sangant bagus apabila bisa direalisasikan disekolah-sekolah tetapi
kalau menurut saya sebelum merealisasikan pembelajaran PJJ media dan kempuan
dosenya harus diutamakan dulu untuk memahami Pembelajaran PJJ tersebut
Soal No.2
(Dari Materi Topik-3)
Pada Topik 3-A
dijelaskan 4 syarat media pembelajaran yang baik.
Jelaskanlah masing masing.
Untuk menciptakan media pembelajaran yang baik, maka media
tersebut harus memenuhi
beberapa syarat, diantaranya:
1. Media pembelajaran harus mempunyai tujuan untuk
memberikan dan meningkatkan
motivasi peserta didik.menurut saya media sangat
menunjang sekali kepada pelaksanaan pembelajaran PJJ,maka dari itu dosen yang
akan mengaflikasikan PJJ harus tahu dulu siswa-siswanya siapa saja yang sudah
punya media tersebut dan siapa yang belum punya,karena latar belakang keluarga
peserta didik berbeda-beda.dan supaya peserta didik tertarik kita bisa
memberikan kuis,saran,solusi dan dosen selalu welcome dimana siswa tngtn
bertanya.
2. Media harus merangsang peserta didik untuk mengingat apa
yang sudah dipelajari.Misalnya kita memberi tugas seminggu sekali
mengefalusi pembelajaran yang sudah disampaikan selain mengtngatkan peserta
didik juga memberi motivasi kepada peserta didik untuk kembali memahami
pelajaran-pelajaran yang sudah diberikan untuk mendapatkan niai yang
memuaskan,dan dosen juga bisa melihat kemampuan siswanya sampai mana.
3. Media yang baik akan mengaktifkan peserta didik dalam
memberikan tanggapan, umpan
balik, dan juga mendorong peserta didik untuk melakukan
praktek-praktek dengan
benar.misaalnya dosen mempasilitasi dengan leb
sekolah untuk bisa digunakan dalam pembelajaran PJJ.
4. Penggunaan media harus terencana, untuk menghindari
adanya komunikasi yang tidak
lengkap, tidak tuntas, atau tertunda,jadi
penyelenggara PJJ harus tahu dulu fasilitas dan kapasitas yang sudah ada dan
yang belum ada di sekolah tersebut sebelum direalisasiannya pembelajaran PJJ.
Soal No.3
(Dari Materi Topik-4)
Pada Topik 4-C
Terdapat 3 fungsi Penilaian.
Jelaskanlah masing masing.
Penilaian
merupakan salah satu kegiatan yang penting dalam evaluasi hasil belajar peserta
didik. Fungsi penilaian pada dasarnya
ada tiga, yaitu untuk:
- mengukur
keberhasilan belajar mahasiswa
Untuk
mengukur keberhasilan belajar mahasiswa kalau menurut saya bisa dengan dikasih
tugas yang bersekala misalkan seminggu sekali atau dua minggu sekali,dan
ujian-ujian dan dosen harus memebrikan nilai agar mahasiswa mengetahui keberhasilan
belajarnya leh karena itu, nilai yang diberikan harus valid. Nilai haruslah
mencerminkan tingkat keberhasilan yang dicapai mahasiswa.
- mengevaluasi
efektivitas mengajar dosen
Dalam
mengevaluasi efektifitas mengajar dosen mungkin dosen bisa minta kepada
mahasiswanya untuk memberikan saran dan masukan-masukan kepada dosen selain itu
bisa juga kita lihat dari hasil penilaiyan mahasiswa apabia mahasiswa banyak
nilainya yang bagus dan tinggi itu mengartikan bahwa dosen udah bisa menilai
efektifitas model pembelajaranya sudah bagus dan harus dipertahankan,apabila
sebaliknya dosen harus introfeksi dirinya dimana letak keslahannya dan
kekuranganya dalam mengajar.
- memberikan
umpan balik kepada mahasiswa
Untuk umpan
balik kepada mahasiswa dosen harus memberikan penilaian kepada setiap
tugas-tugas dan ujian yang diberikan kepada mahasiswanya yang dimana berfungsi untuk memacu, mengarahkan, dan
memberikan penghargaan atas usaha mahasiswa dalam belajar. Karena menurut saya setiap mahasiswa berhak
mendapatkan umpan balik dari dosenya
untuk setiap tugas dan ujian yang dikerjakannya. Dengan demikian, peserta didik
dapat mengetahui kesalahannya dalam menjawab atau mengerjakan tugas, dan
sebaliknya dapat mengetahui apakah jawaban atau tugas yang dikerjakannya sudah
benar.dan memebrikan motifasi juga agar mahasiswa bisa belajar lebih baik.
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Posting Komentar untuk "Contoh Ujian Akhir KDPJJ"