Contoh Ujian Akhir KDPJJ


Ujian Akhir
Kompetensi Dasar Pendidikan Jarak Jauh (PJJ)


Peserta                  :  Mahasiswa D3 AMIK
Tanggal                 :  3 Desember 2013
Pukul                     :  10.00 – 11.00 WIB
___________________________________________________________________________

Pedoman Pengerjaan Soal

1.      Ujian dapat dilaksanakan di tempat masing masing dari Mahasiswa.
2.      Soal ujian disampaikan via Online (EDMODO)
3.      Ujian: OPEN Book dan Internet, dengan aturan sbb:
a.      Jawaban yang diambil dari modul KDPJJ tidak boleh “COPY” & “PASTE” (jawaban menggunakan KALIMAT SENDIRI berdasarkan pemahaman sendiri).
b.      Jawaban dari Internet boleh copy paste (sebagai referensi) dan wajib dicantumkan sumbernya. Batasan penggunaan copy paste pada sebagian uraian saja, sisanya dengan bahasa dan pemahaman sendiri.
4.      Jawaban soal dikerjakan di EDMODO (dengan cara meng-click pada “turned-in”). Sama dengan saat mengerjakan tugas topik.
5.      Jawaban diketik dalam MS Office Word
6.      Jawaban dikirimkan dalam bentuk File Lampiran
7.      Waktu pengerjaan soal adalah 60 menit
8.      Selain melalui EDMODO, JAWABAN juga di - EMAIL ke: pjjseamolec@gmail.com
9.      Pada bagian atas jawaban soal dituliskan: Nama
10.  Pada pengiriman email hasil jawaban, pada bagian subject email tuliskan: Nama dan Ujian Akhir
11.  Dari jawaban yang dikirim email (pjjseamolec@gmail.com), akan ada KONFIRMASI email dari Dosen Pengampu bahwa jawaban soal sudah diterima.
12.  Bagi yang tidak dapat mengikuti ujian online, diharapkan menginformasikan melalui email ke tpardede@seamolec.org

Terima kasih.

Salam, timbul


Good Luck

Lembar soal à




Nama: HERI HERYADI
Ujian Akhir KDPJJ
___________________________________________________________________________


Soal No.1

(Materi Topik-1)
Pada Topik 1-B dijelaskan 6 teori PJJ oleh para ahli.
Jelaskanlah salah satu teori diantaranya.

Teori yang saya ambil menurut Dohmen,1967 yaitu Suatu bentuk pembelajaran mandiri yang terorganisasi secara sistematis, dimana
konseling, penyajian materi pembelajaran, dan penyeliaan serta pemantauan
keberhasilan siswa dilakukan oleh sekelompok tenaga dosen yang memiliki tanggung
jawab yang saling berbeda. Pembelajaran dilaksanakan secara jarak jauh dengan
menggunakan bantuan media.
Setelah nmemahami pemaparan satu teori diatas mengenai penjelasan teori PJJ, dapat saya simpulkan sistem pembelajaran PJJ itu sangant bagus apabila bisa direalisasikan disekolah-sekolah tetapi kalau menurut saya sebelum merealisasikan pembelajaran PJJ media dan kempuan dosenya harus diutamakan dulu untuk memahami Pembelajaran PJJ tersebut





Soal No.2
(Dari Materi Topik-3)
Pada Topik 3-A dijelaskan 4 syarat media pembelajaran yang baik.
Jelaskanlah masing masing.

Untuk menciptakan media pembelajaran yang baik, maka media tersebut harus memenuhi
beberapa syarat, diantaranya:

1. Media pembelajaran harus mempunyai tujuan untuk memberikan dan meningkatkan
motivasi peserta didik.menurut saya media sangat menunjang sekali kepada pelaksanaan pembelajaran PJJ,maka dari itu dosen yang akan mengaflikasikan PJJ harus tahu dulu siswa-siswanya siapa saja yang sudah punya media tersebut dan siapa yang belum punya,karena latar belakang keluarga peserta didik berbeda-beda.dan supaya peserta didik tertarik kita bisa memberikan kuis,saran,solusi dan dosen selalu welcome dimana siswa tngtn bertanya.
2. Media harus merangsang peserta didik untuk mengingat apa yang sudah dipelajari.Misalnya kita memberi tugas seminggu sekali mengefalusi pembelajaran yang sudah disampaikan selain mengtngatkan peserta didik juga memberi motivasi kepada peserta didik untuk kembali memahami pelajaran-pelajaran yang sudah diberikan untuk mendapatkan niai yang memuaskan,dan dosen juga bisa melihat kemampuan siswanya sampai mana.
3. Media yang baik akan mengaktifkan peserta didik dalam memberikan tanggapan, umpan
balik, dan juga mendorong peserta didik untuk melakukan praktek-praktek dengan
benar.misaalnya dosen mempasilitasi dengan leb sekolah untuk bisa digunakan dalam pembelajaran PJJ.
4. Penggunaan media harus terencana, untuk menghindari adanya komunikasi yang tidak
lengkap, tidak tuntas, atau tertunda,jadi penyelenggara PJJ harus tahu dulu fasilitas dan kapasitas yang sudah ada dan yang belum ada di sekolah tersebut sebelum direalisasiannya pembelajaran PJJ.



Soal No.3
(Dari Materi Topik-4)
Pada Topik 4-C Terdapat 3 fungsi Penilaian.
Jelaskanlah masing masing.

 Penilaian merupakan salah satu kegiatan yang penting dalam evaluasi hasil belajar peserta
didik. Fungsi penilaian pada dasarnya ada tiga, yaitu untuk:

  1. mengukur keberhasilan belajar mahasiswa
Untuk mengukur keberhasilan belajar mahasiswa kalau menurut saya bisa dengan dikasih tugas yang bersekala misalkan seminggu sekali atau dua minggu sekali,dan ujian-ujian dan dosen harus memebrikan nilai agar mahasiswa mengetahui keberhasilan belajarnya leh karena itu, nilai yang diberikan harus valid. Nilai haruslah mencerminkan tingkat keberhasilan yang dicapai mahasiswa.
  1. mengevaluasi efektivitas mengajar dosen
Dalam mengevaluasi efektifitas mengajar dosen mungkin dosen bisa minta kepada mahasiswanya untuk memberikan saran dan masukan-masukan kepada dosen selain itu bisa juga kita lihat dari hasil penilaiyan mahasiswa apabia mahasiswa banyak nilainya yang bagus dan tinggi itu mengartikan bahwa dosen udah bisa menilai efektifitas model pembelajaranya sudah bagus dan harus dipertahankan,apabila sebaliknya dosen harus introfeksi dirinya dimana letak keslahannya dan kekuranganya dalam mengajar.
  1. memberikan umpan balik kepada mahasiswa
Untuk umpan balik kepada mahasiswa dosen harus memberikan penilaian kepada setiap tugas-tugas dan ujian yang diberikan kepada mahasiswanya yang dimana   berfungsi untuk memacu, mengarahkan, dan memberikan penghargaan atas usaha mahasiswa dalam belajar.  Karena menurut saya setiap mahasiswa berhak mendapatkan umpan balik  dari dosenya untuk setiap tugas dan ujian yang dikerjakannya. Dengan demikian, peserta didik dapat mengetahui kesalahannya dalam menjawab atau mengerjakan tugas, dan sebaliknya dapat mengetahui apakah jawaban atau tugas yang dikerjakannya sudah benar.dan memebrikan motifasi juga agar mahasiswa bisa belajar lebih baik.



--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------


Posting Komentar untuk "Contoh Ujian Akhir KDPJJ"