·
Latar Belakang
Strategi Pemasaran merupakan rencana yang menjabarkan espektasi perusahaan akan
dampak dari berbagai aktivitas atau program pemasaran terhadap produk atau lini
produknya dipasar. Program pemasaran meliputi tindakan-tindakan pemasaran yang
dapat mempengaruhi permintaan terhadap produk, diantaranya mengubah harga,
memodifikasi kampanye iklan, merancang promosi khusus, menentukan sluran
distribusi dan sebagainya.
·
Latar Belakang
(lanjutan)
Perusahaan dapat menggunakan dua atau lebih program pemasaran secara bersamaan,
sebab setiap jenis program (periklanan, promosi penjualan, personal
selling, layanan pelanggan, atau pengambangan produk) memiliki pengaruh
yang berbeda-beda terhadap permintaan. Oleh sebab itu dibutuhkan mekanisme yang
dapat mengoordinasikan program-program pemasaraan agar konsisten, sejalan dan
terintergrasi secara tepat.
·
Sejarah
Tambahan No.661 Perseroan mengubah namanya yang semula PT Panganjaya Intikusuma
menjadi PT Indofood Sukses Makmur, berdasarkan Rapat Umum Luar Biasa Para
Pemegang Saham yang disampaikan dalm Akta Risalah No.51 tanggal 5 Februari 1994
yang dibuat oleh Benny Kristianto, SH. ,Notaris di Jakarta. Perseroan adalah
produsen mi instan yang meliputi pembuatan mi dan pembuatan bumbu mi instan
serta pengelolaan gandum menjadi tepung terigu.
·
Sejarah (lanjutan)
Fasilitas produksi untuk produk mi instan terdiri dari 14 pabrik yang tersebar
di pulau Jawa, Sumatra , Kalimantan, dan Sulawesi, sedangkan untuk bumbu mi
instan terdiri dari 3 pabrik di pulau Jawa dan untuk pengolahan gandum terdiri
dari 2pabrik di Jakarta dan Surabaya yang didukung oleh 1pabrik kemasan karung
tepung di Citereup.
·
Visi PT. INDOFOOD
Visi : Menjadiperusahaan global penyediamakananberkualitas (berbasispertanian)
danproduksertajasaterkait
·
MISI PT. INDOFOOD
Misi : Kamiberkomitmenuntukmennyediakanprodukdanjasamakanan (berbasispertanian)
bermerek yang berorientasipasardanPelanggan yang inovatifdanberkualitastinggi.
Kamiberusahauntukmemberikankepuasan, memenuhikebutuhankesehatandangiziMasyarakat;
memberikannilai (manfaat) optimal bagipelanggankami, pemilik modal,
pekerjadanmasyarakatpadaumumnya.
·
Strategi Pemasaran
Perkembangan produksi mie instan di Indonesia memperlihatkan suatu peningkatan
yang positif, walaupun pada tahun 2006 sempat mengalami suatu penurunan
produksi. Secara kuantitas, produksi mie instant dari tahun ke tahun mengalami
kenaikan dengan tren yang positif. Hal ini menunjukkan suatu prospek yang cukup
baik bagi industri mie instan ini pada masa yang akan datang.
·
Strategi Pemasaran
(Lanjutan)
PT. Indofood Sukses Makmur menjadikan mutu dan kepuasan pelanggan sebagai basis
bagi perencanaan yang dilakukan oleh perusahaan. Oleh karena itu keinginan dan
kebutuhan konsumen harus diperhatikan oleh produsen karena kebutuhan ini akan
senantiasa berubah.
·
Strategi Pemasaran
(Lanjutan)
Perkembangan produk mie instan yang sudah dianggap sebagai makanan cepat saji
dan bahkan sebagai makanan pokok, menyebabkan tingkat persaingan pada industri
mie instan ini semakin tinggi.
·
Faktor-Faktor Yang
Mempengaruhi Strategi Pemasaran
Pengaruh Biaya Promosi dan Biaya Distribusi Terhadap Penjualan
Saluran Distribusi
Promosi
·
Pengaruh Biaya Promosi
dan Biaya Distribusi Terhadap Penjualan
Pengaruh Biaya Promosi dan Biaya Distribusi Terhadap Penjualan Pada PT.
Indofood Sukses Makmur, TBK. Dalam bauran pemasaran dikenal dengan produk,
harga, promosi, dan distribusi yang tujuannya untuk meningkatkan penjualan.
·
Pengaruh Biaya Promosi
dan Biaya Distribusi Terhadap Penjualan
Promosi adalah kegiatan pemasaran yang sangat penting bagi perusahaan untuk
memperkenalkan produknya kepada konsumen, sedangkan distribusi merupakan proses
pendistribusian produk dan jasa yang sesuai dan terorganisir sehingga terjadi
keefektifan penjualan.
·
Saluran Distribusi
Setiap perusahaan barang dan jasa tidak akan lepas dari masalah penyaluran
barang yang dihasilkan atau barang yang akan dijual ke konsumen. Para produsen
berhak menentukan kebijakan distribusi yang akan dipilih dan disesuaikan dengan
jenis barang serta luasnya armada penjualan yang akan digunakan.
·
Saluran Distribusi
(Lanjutan)
Jika perusahaan berada dalam persaingan yang semakin tajam, perusahaan harus
segera mengadakan penelitian terhadap pasarnya. Penelitian tersebut untuk
mengetahui kebutuhan serta selera konsumen dan jika mungkin menstimulir
permintaan serta menciptakan langganan (Kotler, 2006).
·
Promosi
Promosi merupakan aktivitas pemasaran untuk mengkomunikasikan informasi tentang
perusahaan dan produknya kepada konsumen sehinggga menciptakan permintaan
(Burnett, 2000). Untuk dapat mengkomunikasikan produknya dengan efektif,
perusahaan harus menentukan terlebih dahulu pasar sasarannya (target market)
dan
·
Promosi (lanjutan)
mengkombinasikan dengan alat promosi seperti periklanan, promosi penjualan,
hubungan masyarakat, pemasaran langsung dan tenaga penjual sedemian rupa
sehingga konsumen dapat mengenal produk perusahaan dan tertarik untuk membeli
produk tersebut (Payne, 2000).
·
Produk Indofood
·
Produk Indofood
·
Produk Indofood
·
Produk Indofood
·
Kesimpulan
Perkembangan produksi mie instan di Indonesia memperlihatkan suatu peningkatan
yang positif, walaupun pada tahun 2006 sempat mengalami suatu penurunan
produksi. Secara kuantitas, produksi mie instant dari tahun ke tahun mengalami
kenaikan dengan tren yang positif. Hal ini menunjukkan suatu prospek yang cukup
baik bagi industri mie instan ini pada masa yang akan datang.
·
Kesimpulan (lanjutan)
PT. Indofood Sukses Makmur menjadikan mutu dan kepuasan pelanggan sebagai basis
bagi perencanaan yang dilakukan oleh perusahaan. Oleh karena itu keinginan dan
kebutuhan konsumen harus diperhatikan oleh produsen karena kebutuhan ini akan
senantiasa berubah. Perkembangan produk mie instan yang sudah dianggap sebagai
makanan cepat saji dan bahkan sebagai makanan pokok, menyebabkan tingkat
persaingan pada industri mie instan ini semakin tinggi.
·
Sekian dan Terimakasih
Posting Komentar untuk " ANALISIS STRATEGI PT INDOFOOD Tbk."