CONTOH PROPOSAL BUSINESS PLAN


JUDUL         PROPOSAL BUSINESS PLAN
PEMBUAT   HERI HERYADI

BAB I
PENDAHULUAN

Nama Perusahaan                    :  Heri Tahu Pedas
Bidang Usaha                         :  Produk Makanan
Jenis Produk                            :  Tahu Pedas Langkaplancar
Alamat Perusahaan                 :  Jalan Citapen No 14 Bangunsirna Baregbeg Ciamis Jawa Barat
Nomor Telepon                       :  08387607322

1.1.       Identifikasi Peluang Bisnis
Bisnis kuliner menjadi salah satu bentuk bisnis yang menjanjikan. Berbagai macam jenis makanan bermunculan dengan ragam kreatifitas yang menarik. Makanan biasa dikreasikan menjadi makanan yang memiliki cita rasa dan nilai jual tinggi. Salah satu makanan biasa yang sering kita temui adalah tahu dengan kandungan protein yang tinggi. Namun, masyarakat mulai jenuh dengan bentuk dan rasa tahu yang biasa-biasa saja, tidak adanya inovasi.
Untuk itu, diperlukan inovasi baru dalam mengolah tahu tersebut sehingga penyajian tahu tidak monoton. Saya mencoba mengkreasikan tahu tersebut dengan mengolah tahu menjadi tahu pedas yang sehat, bergizi, serta bentuk yang mampu mengundang selera. Kelebihan tahu pedas yang saya buat adalah level pedas yang bervariasi.

1.2.        Penjelasan Produk
Cara membuat produk saya tidak berbeda jauh dengan membuat gehu pada umumnya, yaitu dengan langkah-langkah berikut ini:
Bahan :
  • 12 buah tahu kulit kotak
  • minyak untuk menggoreng
Bahan isi :
  • 75 gram kol, diiris halus, diseduh
  • 150 gram wortel, diiris korek api, diseduh
  • 6 buah cabai rawit oranye, diulek kasar
  • 100 gram ayam giling, ditumis
  • 50 gram udang giling, ditumis
  • 1¼ sdt garam
  • ¼ sdt merica bubuk
  • ½ sdt gula pasir
Bahan pelapis :
  • 100 gram tepung terigu protein sedang
  • 20 gram tepung sagu
  • 1 sdm tepung beras
  • 1 batang daun bawang, diiris halus
  • ½ sdt garam
  • ¼ sdt merica bubuk
  • 175 ml air
Cara Membuat Gehu Pedas Langkaplancar :
  1. Isi : Campurkan semua bahan isi lalu aduk rata. Ambil tahu, belah tahu tapi tidak putus sehingga membentuk kantung. Beri isi. Sisihkan
  2. Pelapis : Campurkan semua bahan pelapis, aduk rata. Celupkan tahu isi satu per satu ke dalam bahan pelapis.
  3. Goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan diatas api sedang sampai matang dan kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan.
  4. Setelah dingin, masukkan adonan ke kocokan telur, lalu lumuri adonan ke tepung panir, disimpan dalam lemari pendingin selama 2 jam/beku.
  5. Panaskan minyak dan goreng hingga kecokletan, angkat.
  6. Sajikan panas dengan saus.
1.3.    Latar Belakang Bisnis
Alasan saya menawarkan produk ini adalah karena saat ini semakin banyak masyarakat yang menderita kolesterol, kolesterol merupakan salah satu  penyebab kematian terbesar saat ini. Oleh karena  itu masyarakat  beralih pada makanan yang rendah kolesterol seperti tahu. Namun masyarakat  memandang tahu  itu sebagai makanan yang tidak menarik dari rasa maupun bentuknya. Padahal, begitu banyak manfaat yang dikandung oleh tahu seperti menghambat proses penuaan dini, mengandung protein nabati, dan mencegah kanker payudara. Disini kami membantu masyarakat untuk mencegah maupun menimalisir resiko penyakit kolesterol.

1.4.     Tujuan
a)      Mendapatkan keuntungan dari produk ini
b)      Membudayakan makanan sehat
c)      Membuat produk makanan yang mempunyai inovasi baru dan disukai seluruh kalangan masyarakat

1.5.     Potensi Bisnis
Produk ini memiliki peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Karena makanan ini sangat dikenal dan harganya yang ekonomis serta dapat dinikmati oleh semua kalangan.

1.6. Visi Misi Perusahaan
Visi Perusahaan :
” Mewujudkan Heri Tahu Pedas sebagai perusahaan yang bernuansa tradisional namun berwawasan internasional ”.
Misi Perusahaan :
·         Mengutamakan kualitas dalam hal apapun yang dilakukan (pelayanan) dan disajikan (makanan).
·         Mengembangkan inovasi-inovasi baik dalam produk maupun pelayanan dengan tetap pada koridor tradisional.
·         Menumbuhkan ketrampilan dan pengetahuan karyawan guna mencapai performa operasional yang maksimal.
·         Mengembangkan usaha di beberapa tempat yang strategis untuk menjadi restoran terbaik di Indonesia.









BAB  II
PEMBAHASAN
2.1.    ANALISIS SWOT

2.1.1. Faktor Internal
1)  Strength (Kekuatan)
a.       Keunggulan produk
Saya menawarkan suatu produk makanan sehat dengan harga yang ekonomis dan rasa yang lezat.
b.      Kreativitas
Kami menawarkan kreativitas baru dalam mengolah tahu dengan diolah menjadi gehu pedas dengan tingkatan pedas berbeda-beda.
c.       Bahan baku mudah di dapat
Bahan baku pembuatan gehu pedas ini tersedia banyak dan mudah di dapat serta harganya terjangkau. Serta pedas dengan tingkaan berbeda-beda sehingga bisa memilih sesuai selera masing-masing pembeli.
2)  Weakness (Kelemahan)
a.       Belum memiliki cukup pengalaman
Pengalaman untuk memulai usaha yang masih sangat minim merupakan suatu kelemahan yang harus diatasi.
b.      Kurangnya Sumber Dana
Keterbatasan sumber dana manusia sebagi modal membuat tahu pedas ini dan kurangnya keterampilan saya dalam proses pembuatan tahu pedas itu sendiri.

 2.1.2. Faktor Eksternal
1)  Opportunities (Peluang)
a.       Banyaknya konsumen
Banyaknya masyarakat yang menggemari berbagai macam gehu pedas dengan tingkatan pedasnya, karena gehu merupakan makanan yang sudah siap dan mudah diolah. Dengan adanya gehu pedas dengan tingkatan pedas ini akan menawarkan cita rasa baru bagi masyarakat pada umumnya.

b.      Sistem pemasaran
Pemasaran yang akan saya lakukan cukup mudah. Kami akan memasarkannya dilingkungan kampus dan tempat tinggal saya.
2)   Threats (Ancaman)
Salah satu bentuk ancaman yang dikhawatirkan bias terjadi adalah keacuhan konsumen.
Terkadang masyarakat kurang tertarik terhadap makanan yang di buat dari bahan sederhana seperti tahu dan gaya konsumsi masyarakat saat ini di kuasai oleh makanan-makanan modern, siap saji, dan dari bahan-bahan import.

STRATEGI SWOT
Strength
a.  Keunggulan produk
b.   Keterampilan dan keahlian
c.   Bahan baku mudah di dapat
Weakness
a. Belum memiliki cukup pengalaman
b. Kurangnya Sumber Daya Manusia
Opportunity
a. Banyaknya konsumen
b. Sistem pemasaran
a. Melakukan program promosi jitu
b. Meningkatkan produksi
c. Melakukan latihan terus-menerus
d. Belajar berbisnis dengan segala fasilitas yang ada dan menjalin koneksi seluas-luasnya.
Threat
a. Keacuhan konsumen
a. Melakukan promosi kepada konsumen yang sekiranya tertarik dengan produk kami.
b. Menawarkan keuntungan yang didapat dengan membeli produk kami
a.  Memperbaiki sistem manajemen
b. Meningkatkan promosi
c. Menjaga kualitas produk


2.2.     PERENCANAAN BISNIS

2.2.1.      Sasaran dan Target Pasar
            Sasaran saya adalah seluruh masyarakat dari segala usia. Untuk itu saya memulai promosi dari daerah sekitar tempat tinggal saya serta melakukan promosi pada rekan mahasiswa di kampus, karena saya menganggap promosi akan lebih efektif jika terjadi dalam suatu kelompok. Selain itu saya juga mempunyai rumah produksi yang siap didatangi siapa saja dan siap melayani pemesanan.
Untuk itu, saya menggalakkan promosi di berbagai media social, seperti facebook, twitter, blog, dll. Hal ini saya maksudkan untuk memberi kemudahan dalam pemesanan dan pembelian produk kami.
2.2.2.      Pembiayaan
1.        Biaya Tetap (Fixed cost)
Di bawah ini sedikit alat yang kami gunakan:
No
Nama Barang
Jumlah Barang
Harga Satuan
Jumlah Harga
1
Kompor gas
1 buah
Rp.100.000
Rp. 100.000
2
Tabung gas
1 buah
Rp.150.000
Rp. 150.000
3
Katel
1 buah
Rp. 75.000
Rp.   75.000
TOTAL
Rp. 325.000

2.      Biaya Variabel (Variable cost) - Per Produksi
Nama Barang
Jumlah Barang
Harga
tahu kulit kotak
12
10000
minyak untuk menggoreng
1 ltr
10000
Kol
75 grm
   9000
wortel
150 grm
 13000
cabai rawit oranye
6 biji
   3000
Ayam giling
100 grm
 30000
Udang giling
50 grm
   27000
garam
1¼ sdt
        500
merica
¼ sdt
        500
Gula pasir
¼ sdt
        500
tepung terigu protein sedang
100 grm
    15000
tepung sagu
20 grm
      5000
Tepung beras
1 sdm
     1000
daun bawang
1 batang
       500
garam
1¼ sdt
        500
merica
¼ sdt
        500
air
175 ml
      1500
JUMLAH
Rp. 127.500

3.      Biaya Total
  Biaya total        = Variable cost + Fixed cost
= Rp. 127.500 + Rp. 325.000
= Rp.  452.500                          
2.3.    STUDI KELAYAKAN

2.3.1.  Lokasi
Pembuatan  tahu pedas ini dilakukan di Jalan citapen no 14 Bangunsirna Baregbeg Ciamis Jawa Barat. Lokasi ini cukup strategis karena berdekatan dengan sekolah MI,SMP,SMK, dan pesantren.
2.3.2.  Sarana dan Prasarana
Selain menggunakan rumah produksi, kami juga memanfaatkan berbagi media soaial seperti, blog, facebook, twitter dan lain sebagainya. Semua sarana ini dilengkapi dengan prosedur atau tata cara membuat tahu pedas.
2.3.3.  Sumber Daya Manusia
Untuk usaha awal, sumber daya manusia yang tersedia terdiri dari Sembilan orang yang bertanggung jawab sebagai manager, bendahara, penanggung jawab produksi, dan bagian pemasaran. Setiap sumber daya manusia yang kami miliki memeliki keahlian d bidangnya masing. Sehinga diharapakan dapat menjaga kualitas produk, memberikan pelayanan yang baik kepada konsumen, dan mampu bersaing di pasaran.

BAB III
PENUTUP

3.1.    Kesimpulan
Gehu Pedas ini merupakan suatu jenis makanan yang saya buat dengan memberikan variasi tingkatan pedas dan bentuk yang unik serta baru. Produk saya ini bertujuan membantu masyarakat untuk lebih sering mengonsumsi tahu dalam sehari-hari. Karena, tahu dapat menurunkan kadar kolesterol, mencegah kanker payudara, serta mencegah penuaan dini pada masyarakat. Proses pemasaran pada tahap awal saya lakukan melalui mulut ke mulut, lalu tahap selanjutnya dilakukan melalui media sosial seperti blog, facebook, twitter. Harga yang saya tetapkan cukup terjangkau oleh masyarakat menengah ke bawah. Kami juga menyediakan pelayanan pemesanan tahu bulat dengan tingkatan pedas berbeda-beda.
3.2.     Saran
Produk saya mengutamakan kepada unsur kesehatan yang terkandung di dalamnya. Sehingga membedakan gehu pedas yang sudah ada dipasaran dengan gehu pedas produk saya. Oleh karena itu, keterampilan dan keahlian menjadi sangat penting dalam produksi saya.


Posting Komentar untuk "CONTOH PROPOSAL BUSINESS PLAN"