JUDUL PROPOSAL BUSINESS PLAN
PEMBUAT HERI HERYADI
BAB I
PENDAHULUAN
Nama Perusahaan :
Heri Tahu Pedas
Bidang Usaha :
Produk Makanan
Jenis Produk :
Tahu Pedas Langkaplancar
Alamat Perusahaan :
Jalan Citapen No 14 Bangunsirna Baregbeg Ciamis Jawa Barat
Nomor Telepon : 08387607322
1.1. Identifikasi
Peluang Bisnis
Bisnis kuliner menjadi salah satu
bentuk bisnis yang menjanjikan. Berbagai macam jenis makanan bermunculan dengan
ragam kreatifitas yang menarik. Makanan biasa dikreasikan menjadi makanan yang
memiliki cita rasa dan nilai jual tinggi. Salah satu makanan biasa yang sering
kita temui adalah tahu dengan kandungan protein yang tinggi. Namun, masyarakat
mulai jenuh dengan bentuk dan rasa tahu yang biasa-biasa saja, tidak adanya
inovasi.
Untuk itu, diperlukan inovasi baru
dalam mengolah tahu tersebut sehingga penyajian tahu tidak monoton. Saya
mencoba mengkreasikan tahu tersebut dengan mengolah tahu menjadi tahu pedas
yang sehat, bergizi, serta bentuk yang mampu mengundang selera. Kelebihan tahu
pedas yang saya buat adalah level pedas yang bervariasi.
1.2. Penjelasan
Produk
Cara membuat produk saya tidak berbeda
jauh dengan membuat gehu pada umumnya, yaitu dengan langkah-langkah berikut
ini:
Bahan :
- 12
buah tahu kulit kotak
- minyak
untuk menggoreng
Bahan isi :
- 75
gram kol, diiris halus, diseduh
- 150
gram wortel, diiris korek api, diseduh
- 6
buah cabai rawit oranye, diulek kasar
- 100
gram ayam giling, ditumis
- 50
gram udang giling, ditumis
- 1¼
sdt garam
- ¼
sdt merica bubuk
- ½
sdt gula pasir
Bahan pelapis :
- 100
gram tepung terigu protein sedang
- 20
gram tepung sagu
- 1
sdm tepung beras
- 1
batang daun bawang, diiris halus
- ½
sdt garam
- ¼
sdt merica bubuk
- 175
ml air
Cara Membuat Gehu Pedas
Langkaplancar :
- Isi : Campurkan semua bahan isi lalu aduk rata. Ambil
tahu, belah tahu tapi tidak putus sehingga membentuk kantung. Beri isi.
Sisihkan
- Pelapis : Campurkan semua bahan pelapis, aduk rata.
Celupkan tahu isi satu per satu ke dalam bahan pelapis.
- Goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan diatas api
sedang sampai matang dan kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan.
- Setelah dingin, masukkan adonan ke kocokan telur, lalu
lumuri adonan ke tepung panir, disimpan dalam lemari pendingin selama 2
jam/beku.
- Panaskan minyak dan goreng hingga kecokletan, angkat.
- Sajikan panas dengan saus.
1.3. Latar Belakang Bisnis
Alasan saya menawarkan produk ini
adalah karena saat ini semakin banyak masyarakat yang menderita kolesterol,
kolesterol merupakan salah satu penyebab
kematian terbesar saat ini. Oleh karena
itu masyarakat beralih pada
makanan yang rendah kolesterol seperti tahu. Namun masyarakat memandang tahu itu sebagai makanan yang tidak menarik dari
rasa maupun bentuknya. Padahal, begitu banyak manfaat yang dikandung oleh tahu
seperti menghambat proses penuaan dini, mengandung protein nabati, dan mencegah
kanker payudara. Disini kami membantu masyarakat untuk mencegah maupun
menimalisir resiko penyakit kolesterol.
1.4.
Tujuan
a) Mendapatkan keuntungan dari produk
ini
b) Membudayakan makanan sehat
c) Membuat produk makanan yang
mempunyai inovasi baru dan disukai seluruh kalangan masyarakat
1.5. Potensi Bisnis
Produk ini memiliki peluang bisnis
yang cukup menjanjikan. Karena makanan ini sangat dikenal dan harganya yang ekonomis
serta dapat dinikmati oleh semua kalangan.
1.6. Visi Misi Perusahaan
Visi
Perusahaan :
” Mewujudkan Heri Tahu Pedas sebagai perusahaan yang
bernuansa tradisional namun berwawasan internasional ”.
Misi
Perusahaan :
·
Mengutamakan kualitas dalam hal apapun yang dilakukan
(pelayanan) dan disajikan (makanan).
·
Mengembangkan inovasi-inovasi baik dalam produk maupun
pelayanan dengan tetap pada koridor tradisional.
·
Menumbuhkan ketrampilan dan pengetahuan karyawan guna
mencapai performa operasional yang maksimal.
·
Mengembangkan usaha di beberapa tempat yang strategis untuk
menjadi restoran terbaik di Indonesia.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1. ANALISIS SWOT
2.1.1. Faktor Internal
1) Strength (Kekuatan)
a.
Keunggulan produk
Saya menawarkan suatu produk makanan
sehat dengan harga yang ekonomis dan rasa yang lezat.
b.
Kreativitas
Kami menawarkan kreativitas baru
dalam mengolah tahu dengan diolah menjadi gehu pedas dengan tingkatan pedas
berbeda-beda.
c.
Bahan baku mudah di dapat
Bahan baku pembuatan gehu pedas ini
tersedia banyak dan mudah di dapat serta harganya terjangkau. Serta pedas
dengan tingkaan berbeda-beda sehingga bisa memilih sesuai selera masing-masing
pembeli.
2) Weakness (Kelemahan)
a.
Belum memiliki cukup pengalaman
Pengalaman untuk memulai usaha yang
masih sangat minim merupakan suatu kelemahan yang harus diatasi.
b.
Kurangnya Sumber Dana
Keterbatasan sumber dana manusia
sebagi modal membuat tahu pedas ini dan kurangnya keterampilan saya dalam proses
pembuatan tahu pedas itu sendiri.
2.1.2. Faktor Eksternal
1) Opportunities (Peluang)
a.
Banyaknya konsumen
Banyaknya masyarakat yang menggemari
berbagai macam gehu pedas dengan tingkatan pedasnya, karena gehu merupakan
makanan yang sudah siap dan mudah diolah. Dengan adanya gehu pedas dengan
tingkatan pedas ini akan menawarkan cita rasa baru bagi masyarakat pada
umumnya.
b.
Sistem pemasaran
Pemasaran yang akan saya lakukan
cukup mudah. Kami akan memasarkannya dilingkungan kampus dan tempat tinggal
saya.
2) Threats (Ancaman)
Salah satu bentuk ancaman yang dikhawatirkan bias terjadi
adalah keacuhan konsumen.
Terkadang masyarakat kurang tertarik terhadap makanan yang
di buat dari bahan sederhana seperti tahu dan gaya konsumsi masyarakat saat ini
di kuasai oleh makanan-makanan modern, siap saji, dan dari bahan-bahan import.
STRATEGI SWOT
|
Strength
a. Keunggulan
produk
b. Keterampilan
dan keahlian
c. Bahan
baku mudah di dapat
|
Weakness
a. Belum
memiliki cukup pengalaman
b. Kurangnya
Sumber Daya Manusia
|
Opportunity
a. Banyaknya
konsumen
b. Sistem
pemasaran
|
a. Melakukan
program promosi jitu
b. Meningkatkan
produksi
|
c. Melakukan
latihan terus-menerus
d. Belajar
berbisnis dengan segala fasilitas yang ada dan menjalin koneksi
seluas-luasnya.
|
Threat
a. Keacuhan
konsumen
|
a. Melakukan
promosi kepada konsumen yang sekiranya tertarik dengan produk kami.
b. Menawarkan
keuntungan yang didapat dengan membeli produk kami
|
a. Memperbaiki
sistem manajemen
b. Meningkatkan
promosi
c. Menjaga
kualitas produk
|
2.2. PERENCANAAN BISNIS
2.2.1. Sasaran dan Target
Pasar
Sasaran
saya adalah seluruh masyarakat dari segala usia. Untuk itu saya memulai promosi
dari daerah sekitar tempat tinggal saya serta melakukan promosi pada rekan mahasiswa
di kampus, karena saya menganggap promosi akan lebih efektif jika terjadi dalam
suatu kelompok. Selain itu saya juga mempunyai rumah produksi yang siap
didatangi siapa saja dan siap melayani pemesanan.
Untuk itu, saya menggalakkan promosi
di berbagai media social, seperti facebook, twitter, blog, dll. Hal ini saya
maksudkan untuk memberi kemudahan dalam pemesanan dan pembelian produk kami.
2.2.2. Pembiayaan
1. Biaya Tetap
(Fixed cost)
Di bawah ini sedikit alat yang kami
gunakan:
No
|
Nama Barang
|
Jumlah Barang
|
Harga Satuan
|
Jumlah Harga
|
1
|
Kompor gas
|
1 buah
|
Rp.100.000
|
Rp. 100.000
|
2
|
Tabung gas
|
1 buah
|
Rp.150.000
|
Rp. 150.000
|
3
|
Katel
|
1 buah
|
Rp. 75.000
|
Rp. 75.000
|
TOTAL
|
Rp. 325.000
|
2. Biaya Variabel (Variable
cost) - Per Produksi
Nama Barang
|
Jumlah Barang
|
Harga
|
tahu
kulit kotak
|
12
|
10000
|
minyak
untuk menggoreng
|
1
ltr
|
10000
|
Kol
|
75
grm
|
9000
|
wortel
|
150
grm
|
13000
|
cabai
rawit oranye
|
6
biji
|
3000
|
Ayam
giling
|
100
grm
|
30000
|
Udang
giling
|
50
grm
|
27000
|
garam
|
1¼
sdt
|
500
|
merica
|
¼
sdt
|
500
|
Gula
pasir
|
¼
sdt
|
500
|
tepung
terigu protein sedang
|
100
grm
|
15000
|
tepung
sagu
|
20
grm
|
5000
|
Tepung
beras
|
1
sdm
|
1000
|
daun
bawang
|
1
batang
|
500
|
garam
|
1¼
sdt
|
500
|
merica
|
¼
sdt
|
500
|
air
|
175
ml
|
1500
|
JUMLAH
|
Rp.
127.500
|
3. Biaya Total
Biaya total = Variable cost + Fixed cost
= Rp. 127.500 + Rp. 325.000
= Rp. 452.500
2.3. STUDI KELAYAKAN
2.3.1. Lokasi
Pembuatan tahu pedas ini dilakukan di Jalan citapen no
14 Bangunsirna Baregbeg Ciamis Jawa Barat. Lokasi ini cukup strategis karena
berdekatan dengan sekolah MI,SMP,SMK, dan pesantren.
2.3.2. Sarana dan
Prasarana
Selain menggunakan rumah produksi,
kami juga memanfaatkan berbagi media soaial seperti, blog, facebook, twitter
dan lain sebagainya. Semua sarana ini dilengkapi dengan prosedur atau tata cara
membuat tahu pedas.
2.3.3. Sumber Daya Manusia
Untuk usaha awal, sumber daya
manusia yang tersedia terdiri dari Sembilan orang yang bertanggung jawab
sebagai manager, bendahara, penanggung jawab produksi, dan bagian pemasaran.
Setiap sumber daya manusia yang kami miliki memeliki keahlian d bidangnya
masing. Sehinga diharapakan dapat menjaga kualitas produk, memberikan pelayanan
yang baik kepada konsumen, dan mampu bersaing di pasaran.
BAB III
PENUTUP
3.1. Kesimpulan
Gehu Pedas ini merupakan suatu jenis
makanan yang saya buat dengan memberikan variasi tingkatan pedas dan bentuk yang
unik serta baru. Produk saya ini bertujuan membantu masyarakat untuk lebih
sering mengonsumsi tahu dalam sehari-hari. Karena, tahu dapat menurunkan kadar
kolesterol, mencegah kanker payudara, serta mencegah penuaan dini pada
masyarakat. Proses pemasaran pada tahap awal saya lakukan melalui mulut ke
mulut, lalu tahap selanjutnya dilakukan melalui media sosial seperti blog, facebook,
twitter. Harga yang saya tetapkan cukup terjangkau oleh masyarakat menengah ke
bawah. Kami juga menyediakan pelayanan pemesanan tahu bulat dengan tingkatan
pedas berbeda-beda.
3.2. Saran
Produk saya mengutamakan kepada
unsur kesehatan yang terkandung di dalamnya. Sehingga membedakan gehu pedas yang
sudah ada dipasaran dengan gehu pedas produk saya. Oleh karena itu,
keterampilan dan keahlian menjadi sangat penting dalam produksi saya.
Posting Komentar untuk "CONTOH PROPOSAL BUSINESS PLAN"